Akun
guest@beritabali.com
Beritabali ID: —
Langganan
Beritabali Premium Aktif
Nikmati akses penuh ke semua artikel dengan Beritabali Premium
- Sabtu, 15 Agustus 2026
Hati-hati Kurang Minum Air Putih Bisa Bikin Cepat Meninggal
BERITABALI.COM, NASIONAL.
Banyak orang kerap menganggap sepele asupan air putih sehari-hari. Padahal, kurang minum air putih bisa membuat seorang terkena penyakit hingga lebih cepat meninggal.
Fakta tersebut terungkap dalam sebuah penelitian yang diterbitkan Senin di jurnal medis Lancet. Ditemukan bahwa orang dewasa yang tidak cukup terhidrasi dapat menua lebih cepat dan bahkan memiliki risiko lebih tinggi untuk penyakit kronis yang dapat mengakibatkan kematian dini.
Para peneliti dari National Institutes of Health melakukan penelitian selama 25 tahun, menganalisis kunjungan medis lebih dari 11.000 orang dewasa di AS dari usia 45 hingga 66 tahun dan kemudian kunjungan tindak lanjut mereka pada usia 70 hingga 90 tahun.
“Bukti yang muncul dari penelitian kami dan lainnya menunjukkan [s] bahwa menambahkan hidrasi yang baik secara konsisten ke pilihan gaya hidup sehat [lainnya] dapat memperlambat proses penuaan,” penulis utama studi tersebut, Natalia Dmitrieva, mengatakan dalam email ke berita NBC.
Selama penelitian, peneliti melacak hidrasi pada subjek dengan memantau berapa banyak natrium yang ditemukan dalam darah mereka – semakin tinggi kadar natrium, semakin sedikit peserta yang terhidrasi.
Analisis menunjukkan bahwa semua hidrasi 11.000 peserta berada dalam kisaran normal, dengan konsentrasi natrium darah antara 135 hingga 146 milimol per liter. Namun, orang-orang dengan tingkat yang lebih tinggi dari kisaran tersebut - lebih besar dari 144 milimol per liter - 50 persen lebih mungkin menunjukkan tanda-tanda penuaan fisiologis.
Itu termasuk kolesterol tinggi, tekanan darah dan kadar gula yang melonjak bersamaan dengan tanda-tanda fisik seperti mata cekung, pipi dan kulit kering.
“Orang-orang yang natrium serum usia menengahnya melebihi 142 mmol/l memiliki risiko lebih tinggi untuk menjadi lebih tua secara biologis,” tulis para peneliti dalam penelitian tersebut.
Yang paling mengejutkan, kohort itu juga mengalami peningkatan hampir 20 persen dalam risiko kematian dini, saran studi tersebut. Mereka menunjukkan kemungkinan lebih besar untuk mengembangkan penyakit fatal seperti gagal jantung, stroke, diabetes, demensia, dan penyakit paru-paru kronis.
"Risiko untuk mengembangkan penyakit ini meningkat seiring bertambahnya usia dan menumpuk kerusakan di berbagai jaringan dalam tubuh," kata Dmitrieva, seorang peneliti di National Institutes of Health's Heart, Lung and Blood Institute, kepada NBC.
Dalam penelitian sebelumnya, Dmitrieva menemukan bahwa dehidrasi dapat meningkatkan risiko gagal jantung.
USDA merekomendasikan minum delapan hingga 10 gelas air per hari, tetapi studi tahun 2020 terhadap 2.000 orang dewasa AS menemukan bahwa hanya 20 persen orang yang memenuhi tujuan itu. Seiring bertambahnya usia, respons haus melemah, membuat mereka cenderung tidak menyadari bahwa mereka membutuhkan lebih banyak air.
Reporter: bbn/net
Berita Terpopuler
Suami Tusuk Istri dan Mertua di Penatih
Dibaca: 4532 Kali
Siswi SMP di Sidakarya Diduga Diperkosa Karyawan Ayahnya
Dibaca: 2343 Kali
Pria 28 Tahun Diduga Tewas Gantung Diri di Belakang Rumah Payangan
Dibaca: 1997 Kali
Pelajar 14 Tahun Tewas Kecelakaan di Manggis Karangasem
Dibaca: 1605 Kali
Sterilisasi Pelabuhan Gilimanuk Mulai 5 Agustus
Dibaca: 1048 Kali
ABOUT BALI
Riset BRIN Ungkap Alasan Masyarakat Bali Mulai Memilih Krematorium untuk Ngaben
Tradisi Mepatung di Bangli, Penampahan Galungan yang Pererat Persaudaraan
Video Langka Calonarang dan Janger Pegok 1937 Ditemukan di Jerman
Tradisi Wadak di Mengani Tetap Lestari, Desa Batasi Satu Godel Setahun